Gua Mas Kini Jadi Wisata Eksotis di Pamekasan Madura

Gua Mas Kini Jadi Wisata Eksotis di Pamekasan Madura  – Beberapa th. belakangan ini, Pulau Madura sedang giat-giatnya mempromosikan objek wisata alamnya yang sebagian besar sebenarnya belum dikenal masyarakat umum.

Sebut saja sebagian daerah wisata baru layaknya Bukit Jaddih di Kecamatan Socah, Desa Jadih, Kabupaten Bangkalan Madura yang sarat bakal pemandangan bongkahan kapur putih berukuran raksasa, yang merupakan hasil pahatan penambang kapur agar menghasilkan tebing yang artistik.

Beranjak ke Sumenep, tersedia Pulau Gili Labak di Desa Kombang, Kecamatan Talango bersama hamparan pasir putih dan air laut yang jernih dan keindahan biota bawah lautnya. Nggak hanya itu, di Kecamatan Batumarmar, Pamekasan Madura, kamu bakal disuguhi wisata eksotis berbentuk gua vertikal yang dipenuhi batu warna-warni dan dikenal bersama nama Gua Mas.

Gua berbentuk vertikal ini terletak di Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan Madura. Memiliki kedalaman 6 sampai 7 meter, gua ini ditemukan secara tidak sengaja oleh para pekerja yang bermaksud membuat galian sumur di depan tempat tinggal tidak benar satu warga dan kemudian dinamai bersama sebutan Gua Mas.
Uniknya stalaktit dan stalagmit Gua Mas

Gua Mas punyai stalaktik dan stalakmit yang menempel pada dinding gua, dan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa eksotis. Stalaktit adalah sejenis mineral yang menggantung di langit-langit gua, namun stalagmit adalah bebatuan yang terbentuk di lantai gua, hasil tetesan dari air di langit gua di atasnya.

Memasuki Gua Mas, kondisi remang-remang terasa. Namun bersama penerangan seadanya, justru membuat pemandangan di didalam gua layaknya memancarkan kilau keemasan. Maka, tak heran jika banyak para wisatawan berbondong-bondong berkunjung untuk lihat keindahannya.

Untuk masuk ke didalam gua,warga mengfungsikan bekas galian sumur yang sempit dan disempurnakan bersama tangga besi yang melingkar sampai capai basic sumur. Setiap pengunjung yang masuk hanya diberi saat selama 15 menit saja untuk berada di didalam gua, gara-gara mesti bergiliran bersama pengunjung lainnya.

Jika kamu bermaksud untuk berkunjung ke Gua Mas, jangan heran jika nanti pihak pengelola memintamu untuk meninggalkan tas dan jaket di luar gua. Hal itu untuk merawat kelestarian gua bersama langkah mengantisipasi pencurian stalaktik dan stalakmit yang tersedia di dalamnya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *