Gua Blaban Temuan Cantik di Pamekasan Madura

 

Gua Blaban Temuan Cantik di Pamekasan Madura – Berpetualang ke gua biasa bersama gua di bawah tanah mengerti berbeda. Jika di gua biasa Anda barangkali dapat mendapatkan banyak kelelawar beterbangan dan membuang kotoran seenaknya. Namun keadaan ini tidak dapat ditemukan di gua bawah tanah. Seperti Gua blaban yang berada di Dusun Rojing, Desa Blabar, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Gua Blaban ini ditemukan oleh warga sekitar saat menggali sebuah sumur. Temuan itu bermula saat beberapa orang pekerja tengah menggali sumur untuk keperluan air minum. Pada kedalamam 7 meter, penggali sumur justru mendapatkan lubang besar berdiameter 50 mtr. persegi dan terhadap dinding lubang itu penuh bersama batu akik. Atas temuan itu, pemilik sumur langsung melaporkan ke Kepala Desa Blaban Sukrianto dan setelah itu Info penemuan gua batu akik itu menyebar luas di masyarakat.

Didalam Gua terdapat banyak stalaktit dan stalagmit berwarna putih dan juga berkilau saat sebuah sinar diarahkan ke batuan tersebut. Tentu butuh bertahun-tahun lebih-lebih ratusan th. untuk agar terbentuk sebuah stalaktit dan stalagmit agar dapat jadi besar seperti sekarang. Sati sang pemilik tanah yang memiliki rencana memicu sumur mengaku bahwa dirinya bermimpi bersua sesosok wanita cantik yang memakai jubah putih yang bercahaya, malam sebelum penggalian sumur dilaksanakan.

Untuk memasuki Obyek Wisata Gua Blaban, Anda diharuskan merogoh duit sebesar Rp. 20.000 sebagai karcis masuk. Kemudian menuju sebuah sumur yang terdapat tangga besi melingkar sampai capai dasar gua bersama jarak sekitar 4 meter. Didalam gua, hawa merasa lumayan pengap karena kurangnya ventilasi untuk nampak masuk oksigen dan juga suhu di dalam gua yang lumayan hangat. Disitu terdapat penjaga gua yang siap beri tambahan info perihal seputar keberadaan berasal dari awal ditemukan sampai seperti saat ini yang dijadikan object wisata.

Saat dapat memasuki mulut gua yang merupakan sumur galian, Anda disarankan pula untuk terhubung alas kaki. Karena cuaca di di dalam gua lumayan lembab. Air yang menetes terus menerus berasal dari langit-langit gua menjadikan lantai gua lumayan licin. Sehingga Anda wajib ekstra waspada jikalau menginginkan menyusuri bagian-bagian gua. Di bagian di dalam gua sudah ditambah bersama lampu penerangan, meski hanya sedikit. Juga ditambah lampu warna-warni yang tingkatkan keindahan bagi Anda yang menginginkan berfoto.

Untuk tiba ke wilayah Gua Blaban, berasal dari arah Surabaya, Anda dapat melalui arah Ketapang kota Sampang lalu menuju pantai utara. Di pertigaan pasar Ketapang Sampang, Anda dapat mengambil alih jalan ke kanan atau ke arah timur. Sesudah melalui Kecamatan Sokobanah, Anda dapat langsung masuk Kecamatan Batumarmar, Pamekasan. Sesudah tiba di pertigaan Kecamatan Batumarmar, Anda mengambil alih jalan ke kanan atau ke arah selatan sejauh ± 1 Km. Selanjutnya Anda dapat bertanya kepada masyarakat sekitar.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *